Langsung ke konten utama

KANGEN BACA MAJALAH BOBO


Majalah Bobo
                Hallo teman-teman. Entah kenapa gue kangen sama Majalah Bobo. Kalian pasti taulah itu majalah buat umur-umur berapa hahaha. Tapi beneran gue kangennnnn. Sayangnya sekarang ini bukan majalah itu lagi yang harus gue baca, tapi harus banyakin referensi berbau psikologi hmmm.

            Setelah gue cari tau pas gue udah gede nih, Majalah Bobo itu udah ada sejak tahun 1973 tepatnya tanggal 14 April. Awal munculnya majalah ini adalah di halaman anak-anak di Harian Kompas yang diprakarsai oleh PK Ojong dan Jacob Oetama, selaku pendiri Kompas, lalu dikembangin deh jadi majalah anak-anak. Terus harganya juga berbeda dari tahun ke tahun, yaaa ngikutin zaman ya. Gue kangen aja ngeliat anak-anak baca buku, yang gue rasa di buku itu tuh udah mencakup beberapa wawasan yang gak ngebosenin. Coba deh kalian perhatiin, kayaknya jarang ya ngeliat anak-anak tuh tertarik buat baca. Dan anak-anak zaman sekarang adalah kebanyakan anak-anak yang lebih tertarik sama gadget. Iya gak sih? Padahal Majalah Bobo tuh seru tau! Dulu, gue selalu diajak ayah ke depan Jalan Bungur (wilayah Kebayoran Lama, tempat tinggal dulu) buat beli Majalah Bobo, terus naik motor Astrea-nya ayah. Pas udah dapet tuh ya, seneng gitulah. Terus langsung nyari, gambar apa ya yang dicantumin di edisi ini, baca cerita Bona si Gajah, cerita Nirmala, daaaan lain-lain. Terus suka mikir gitu, kapan ya aku bisa gambar kayak begitu *waktu itu* lol. Selain itu, gue selalu nyoba buat ngisi soal-soal yang ada disitu (waktu itu gue ngisi soal buat kelas 1 SD). Terus topiknya tuh selalu beda tentunya. Menarik deh pokoknya, gue rasa temen gue juga masih ada deh kayaknya yang suka baca Majalah Bobo.

            Terus waktu gue udah SMA, gue sempet mampir ke pedagang majalah-majalah gitu. Mulai nyoba beli majalah anak ABG gitu, ciahahahaha. Niatnya si mau liat-liat aja trend-nya anak SMA tuh gimana sih. Terus gue liat Majalah Bobo yang ada hadiah tasnya gitu, lucu deh. Awalnya mikir beli gak ya-beli gak ya, karena duit gue pas-pasan hahaha. Ya tapi akhirnya gue beli aja buat adek gue, gue harap dia bakal “makan” isi buku itu. Tapi ternyata, dia lebih tertarik sama tasnya. Terus cuek aja sama majalahnya. Kicep dong gue, padahal udah ngerelain duit jajan gue. Tapi dia gak tertarik sama majalahnya. Yaudah. Gue yang baca. Gapapa. Tapi makin adek gue beranjak umurnya, gue makin sering “cekokin” dia ocehan-ocehan gitu supaya dia suka baca. Baca apaan kek, baca koran juga jadi. Terus setelah itu dia suka minta buat beliin komik. Gara-gara awalnya gue punya komik, tapi episode-nya udah di tengah-tengah gitu hahaha. Terus makin kesini gue coba kasih referensi lain kayak buku-buku cerita yang penulisnya tuh masih anak-anak. Terus kita cari bareng-bareng, dapet bukunya, di “lahap” lumayan cepet, terus minta beliin lagi. Tapi sekarang-sekarang ini kayaknya udah agak bosen dan dia malah nyoba buat ikutan nulis, katanya sih mau jadi penulis kayak buku yang dia baca. Tapi seenak mood dia aja nulisnya juga. Seru sih pokoknya kalo punya ilmu atau wawasan meskipun sedikit demi sedikit, entah dari ngobrol atau diskusi sama orang lain, dari buku, atau media digital zaman sekarang ini. Tergantung masing-masing orang lebih tertarik sama yang mana.


            Gue selalu inget omongan ayah yang selalu bilang “Buku Itu Jendela Dunia” dan sekarang gue sadar bahwa dimanapun lo tinggal, kalo lo mencoba buat baca dan mau nambah wawasan lo. Lo gak harus pergi jauh ke ujung dunia, tapi dunia itu ada di genggaman lo. Ya meskipun ini adalah pesan buat gue sendiri buat “mencoba” seneng baca buku yang berbau teori atau hal-hal ilmiah lainnya, terutama teori-teori psikologi yang bejibun hahaha. Oh iya, jangan lupa search di link ini ya http://kidnesia.com/ dan ajak adek atau anak-anak di sekitar kalian supaya makin keren minat membacanya. Oke, see you next time, guys! Ayo kita tanamkan minat membaca ke anak-anak di sekitar kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semester Awal 2020

Hari ini adalah hari terakhir di bulan Juni – tepatnya semester awal di tahun 2020, bye June! See you later ya.. Terima kasih untuk segala hal yang pernah singgah sampai usia yang ke 24 ini. Ternyata semakin dewasa itu semakin kompleks ya isi pikirannya. Hmmm, mungkin ngelewatin masa dewasa awal ini emang bener-bener gak mudah – kasarnya lagi “berantem” sama ego sendiri. Tanggal 16 kemarin, banyak ucapan do’a dan segala harap yang berdatangan, terima kasih ya! Meskipun sebenernya ulang tahun yang ke-24 kemarin itu cuma mau ngerasa cukup dan jadi pribadi yang lebih baik lagi tentunya, untuk hal-hal lain gue yakiiiin banget Allah bakalan terus ada buat gue selama gue bisa lebih baik. Iya, gue mau hubungan gue sama Yang Maha Kuasa jauh lebih baik – karena ketika umatnya dekat, Sang Khalik akan datang untuk merangkul. Gak tau kenapa, merasa di pertambahan usia ini adalah moment yang paling membuat gue suka cita dan haru rasanya. Cailah, gue kenapa sih?! Apa ya, gue ngerasa lebi

Pesta Kemerdekaan di Garut

Aloha, kawan-kawan semuanya. Apa kabar? Btw, selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia yg ke-72 tahun. Oh iya kebetulan hari ini gue sengaja ke Garut di samping mau nge- refresh otak, gue juga mau ikut ngerayain pesta kemerdekaan di desa yang katanya seru dan rame banget. Gue berangkat dari rumah sekitar jam 7 malem, gue ke pool bus dulu jurusan Jakarta-Garut. Sampe pool gue sakit perut luar biasaaa dan akhirnya mampir toilet dulu, sampe dipanggilin kenek busnya karena udah mau jalan wkwkwk. Setelah selesai, gue buru-buru naik dan busnya berangkat sekitar setengah 10an. Alhamdulillah, sampe di rumah embah jam 4an dengan selamat dan kedinginan fyuh. Abis itu makan mie instan subuh-subuh sambil nunggu adzan subuh. Gue cuma tidur sebentar dan bangun gara-gara kaget sepupu gue yang kecil, dia teriak-teriak karena sepanjang jalan udah rame banget sama yang mau pawai. Yap! Gue buru-buru bangun, wudhu, cuci muka+sikat gigi, sholat subuh. Abis itu rapi-rapi buat ikutan pawai. Gokil! R

Obrolan Pengungkapan Diri (Self Disclosure)

Hallo teman-teman, akhirnya gue nyoba buat ngeblog lagi setelah berbulan-bulan lamanya vakum untuk menyelesaikan apa yang harus gue selesaikan hehe. Apa ya, asli sih seneng! Meskipun ada aja masalah yang harus dihadapin yang bikin mental gue rasanya naik turun banget. Setelah berbulan-bulan harus fokus buat nulis skripsi dan ditambah bekerja, ada senang dan sedihnya juga. Kenapa? Sedih karena harus berbulan-bulan fokus ngerjain skripsi, tapi alhamdulillah di samping ngerasain stres dan bikin down , gue punya obat yang bikin stres gue ilang. Mau tau gak obatnya apa? Obatnya adalah ketemu anak-anak murid gue yang masih TK tiap hari, masyaAllah ampuh banget. Karena ngeliat mereka main, ketawa-tawa, cekcoknya anak kecil tuh lucu, sampe lupa gitu loh bahwa gue ada hal lain yang kayaknya menjadi beban: skripsi. Oke cerita tentang jadi guru TK, insyaAllah nanti mau gue share juga hehe. Gue mulai “bangun” buat nulis lagi karena gue ngerasa butuh, lebih tepatnya diri gue yang butuh.