Hallo semuanya, kali ini mau nyempetin nulis supaya kenangannya gak ilang. Apa kabar kalian? Oh iya ini malem minggu, kalo belom punya kabogoh mah di rumah aja ya hehee. Mau cerita dikit, gimana sih selama jadi shadow teacher, nah ini deh baca aja deh yaaa.
"Teruntuk K (inisial):
Hallo, K.
Hallo, K.
Semoga kamu dalam keadaan sehat dan jadi good boy terus. I miss you so much!"
Hm, udah setahun lebih dua bulan, terhitung sejak kita
ketemu di kelas Nobel. Persis banget di hari terakhir ujian utama di kampus,
terus ada tawaran pekerjaan yang syaratnya susah-susah gampang. Syaratnya
adalah menyukai dunia anak-anak, mudah sayang, dan sabar. Awalnya pas baca
syarat itu tuh bingung, “Ini sebenernya mau dikasih kerjaan apa ya di
sekolah?”. Terus setelah tau dari pembimbingnya langsung, ternyata jadi Shadow Teacher a.k.a pendamping Anak
Berkebutuhan Khusus (ABK) selama di sekolah inklusi. Jadi tugasnya adalah ngebantu ABK
belajar di kelas (yang gue tangani ini adalah anak laki-laki kelas 1 SD dengan diagnosis ADHD dan beberapa permasalahan lain), terus bantu ABK ngejalanin program yang sudah dibuat oleh
sekolah dan psikolog, dan pastinya dampingin ABK kalo sewaktu-waktu tantrum
:’)
Yang paling berkesan adalah, ketika hari pertama masih
observasi. Terus tiba-tiba bel berbunyi, semua anak berbaris di depan kelas. Setelah
baris, masuk kelas, berdo’a, dan selalu “setor” ke toilet dulu semuanya sambil jalan
berbaris ke lantai bawah. Jengjeeeng, itu pertama kalinya gue nungguin depan
toilet anak cowok. Terus tetiba ada anak kelas 5 atau 6 gitu mau ke dalam kamar
mandi dan ngeliatin gue dengan mukanya yang heran.
Terus bener aja dong itu anak nanya,
“Ms, ini kan toilet….co…”
terus gue sela, “Oh ya, oh maaf maaf silakan ke kamar mandi.
Ms.Eka cuma nungguin K kok hehe”
Asli disitu gue nungguin hampir setengah jam, karena K
sebelum masuk kelas itu selalu poop dulu. Setelah gue piker-pikir, gue samperin
aja lagi deh anak ini pake rayuan maut,
“K yuk yuk udah yuk, kita ke kelas. Nanti Ms.S dan Ms.Q
nyariin loh…”
Mau tau? Awalnya dia belom bisa nyalain keran dan gue masih
bisa ngakalin,
“K, keran airnya mati nih. Wah ayo bersihin dulu yuk. Let’s go.”
“K, keran airnya mati nih. Wah ayo bersihin dulu yuk. Let’s go.”
Poop hari kedua dan ketiga, jadi ceritanya dia udah bisa
muter-muter keran air gara-gara merhatiin gue nyalain keran air
sebelum-sebelumnya. Dan ketika ke toilet lagi buat poop, percayalah, rayuan
maut gue gak lagi maut. Karena, ketika gue ngajak dia buat udahan poopnya dan
balik ke kelas. Mau tau? Iya. Sepatu gue disiram. Gue diusir dari toilet. Dia masih
betah main air ternyata. Sedih gue, rayuan gue gak mempan kali ini coy. Dan pada
akhirnya gue bantuin nye*okin dia. Gak jijik Alhamdulillah. Karena suatu saat
juga kalo punya anak ya bakal begini sih huahaha. Tapi, sebenernya cara gue
kurang baik. Karena, akan membuat dia kurang mandiri jadinya. I’m so sorry,
tapi ini biar cepet. Selain poop, gue juga suka bantuin dia ke toilet buat
buang air kecil. Tapi gue selalu ajarin dia, gimana cara bersihinnya. Meskipun sebenernya
gue gak tau sama sekali gimana caranya ngebersihin “anuan” cowok. Abis itu
ngebiasain dia buat cuci tangan setelah dari toilet dan bantuin dia pake celana
as always.
Selain cerita toilet training, ada lagi cerita lainnya. Hmm
salah satunya adalah ketika K udah tau gimana caranya ngebuka pintu kelas dan
pintu di lobby. Terus dia kabur ke playground TK daaan berhubung dia suka
banget sama mobil-mobil gitu. Dia kabur buat nutupin pintu mobil yang pada
diparkirin satu-persatu dan yang gue siapin tiap hari adalah energi dan akal.
Karena, gue harus ngejar-ngejar dia sambil manggilin “K…K…K,
ayo kita ke kelas.”
“Pak satpam, tolong tutup pintu gerbang paaak. Takut K
kabuuur”
Ketika udah dapet anak ini dipelukan gue, kerudung gue udah
pasti ditarik. Dia marah, karena “keasyikannya” ngerasa terganggu. Semua orang
riweuh karena ikutan bantuin gue buat nangkep anak ini biar balik ke kelas.
Rasanya disitu, gue mau pura-pura pingsan aja, aseli. Ketika udah ke tangkep
bener-bener, eh dia lolos masuk ke playground TK dan mainin lego dengan
seenaknya dia.
Asli, setelah gue curhat ke pembimbing shadow teachernya, kata
beliau sih “Dia seneng gangguin Ms.Eka, jadi Ms.Eka harus pura-pura cuek aja.
Jangan diikutin terus dianya. Kecuali kalo dia udah gak keliatan sama pandangan
kita, baru dikejar”. Oh, I see, ternyata begitu.
Yaudahlah keeoskannya, gue coba pura-pura cuek. Dia mau
jalan ke deket tangga kek, kemana kek. Gue mau pura-pura cuek, harus. Eh bener
aja dong, dia mau kabur, tapi gue pura-pura gak liat aja. dan dia gak berani
turun tangga sama sekali hahaha. Terus balik lagi, sukanya narik-narik tangan
gue biar dikejar tuh. Ah sorry lah yaw, aku gak kemakan ajakanmu K, wleee.
Terus gue juga inget banget ketika dia lagi gak mood buat
olahraga bareng temen-temennya di lapangan. Jalan satu-satunya adalah gue
ngajak dia menghindar dari keramaian, gue ajak dia ke kelas. Karena di kelas
kosong. Yaudah deh, kita berdua main kertas origami.
“K..K, kita bikin pesawat ya. K liat Ms dulu, nanti K buat
juga yaa”
Pesawat yang udah gue bikin, terus dibejek-bejek sama dia. Gak
papah, asli gak papah loh K hehee. Iya. Hampir setengahnya pack kertas origami
dibejek-bejek sama dia. Gue gak patah semangat, pokoknya anak ini gak boleh
badmood, gak boleh tantrum. Gue bikin lagi pesawatnya, tapi buru-buru gue tiup
dan gue terbangin. Terus dia tertarik dan seneng. Kalian tau gak? Di saat itu juga
gue ngerasa berhasil, meskipun sesederhana ini. Selain itu juga gue ngajak dia
buat corat-coret bukunya, iya cuma corat-coret. Karena motorik K untuk nulis
belom baik, itu alas an kenapa dia masih terapi di luar. Tapi sayangnya susaaah
banget, kalo gue bantu dia buat megang pensil aja tuh susahnya minta ampun. Pasti
di lempar-lempar. Sedih.
K juga suka narik-narik gue buat jalan, kadang maksud dia
minta temenin buat main-main ke kelas lain dan sekedar duduk. Terus dia suka
ngeliatin orang-orang gitu dan gue suka membiarkan dia interaksi sama siapapun,
asal dituntun dengan baik. Kadang ke temen yang belum akrab pun, dia suka
ngeliatin dan kayak gak berani menyapa. Tapi gue selalu usahain bantu K
nyeletukin ke temennya, “Hai, K mau main sama kalian. Boleh dong ya?”
“Tuh K, kenalin ini namanya A. Ini B, ini C. Semuanya baik, kalo mau main bisa sama-sama K”.
“Tuh K, kenalin ini namanya A. Ini B, ini C. Semuanya baik, kalo mau main bisa sama-sama K”.
Asli, sebenernya masih panjang cerita ini-itunya. Karena tiap
hari tuh ada aja tingkahnya anak ini.
Dan yang paling menyedihkan itu ketika gue tinggal seminggu-an lagi buat ada disitu. Terus K gak
masuk selam seminggu itu, karena kena virus cacar air. Dan gue cuma bisa WA
mommnya, kapan K masuk, udah sembuh belum? Dan mommynya cuma bisa bersabar, di
satu sisi virus semacem ini lama dan ribet, ditambah lagi dengan keadaan K yang
berkebutuhan khusus. Otomatis segala sesuatunya harus ditanganin dengan baik
banget dan sabar.
Udah lama gak ketemu dan sekarang kangen bangeeeeet. Semoga
keadaanmu semakin baik ya K. Semakin sehat, penyesuaian dirimu makin baik biar
bisa main tebak-tebakan suara hewan lagi kalo di kelas, mudah-mudahan motorikmu
semakin baik biar bisa cepet nulis dan bikin pesawat-pesawatan lagi, semoga
kamu semakin terbiasa dengan keadaan sekolah yang rame, semoga kamu kalo
upacara mau pake sepatu ya K hehee, semoga kamu betah di dalem kelas dan gak
kabur ke parkiran buat nutupin pintu mobil satu-satu, semoga kamu gak ke
playground TK lagi buat ngelemparin lego, semoga kamu gak akan ngelempar-lempar
pensil/penghapus/atau pun buku ke temanmu ya biar kamu gak dilabeli anak nakal
:(((((, semoga makin mandiri toilet
training-nya dan gak akan nyiram sepatu siapa pun.
Terus kangen ngerjain anak ini kalo ada yang dia mau. Kalo
dia minta tolong minta ambilin sesuatu, minta cipika-cipiki dan peluk dulu
hahaha. Dan kangen denger K nyebut “Smile…smile…smile.” berulang kali, sampe
kita nemu simbol smile itu di buku paket terus dia nunjuk-nunjukin simbol itu terus-menerus ke gue.
"K, coba kamu smile juga dong kayak di buku ini."
Abis itu dia niruin buat ikutan senyum. Ah, senangnya si good boy ini anteng.
"K, coba kamu smile juga dong kayak di buku ini."
Abis itu dia niruin buat ikutan senyum. Ah, senangnya si good boy ini anteng.
K, semoga secepatnya kamu bisa makan dan minum dari turunan kasein dan terigu yah. Ms.Eka inget banget waktu kita main games tebak suara hewan di kelas dan rewardnya adalah dikasih suapan Or*o. Terus ngeliat teman lain berhasil nebak dan dikasih Or*o, K hampir nangis gara-gara gak boleh. Tapi pada akhirnya disuapin juga. Sebenernya bukannya gak boleh, karena kandungan Or*o itu ngandung susu sapi (kandungan yang dihindarin K). Itu pesan dari mommy K, karena kalo K dikasih olahan turunan kasein, dia akan semakin hiperaktif di sekolah.
Terus waktu acara lomba makan kerupuk di sekolah, kita jadi supporter dan ternyata K gak nyaman sama suasana riuh di sekolah sampe akhirnya dia nangis gak berenti-berenti. Akhirnya gue sok ngide, "Gimana caranya supaya dia nyaman sama lingkungan yang lagi rame gini ya?"
Pada akhirnya, gue ajak dia jalan-jalan muterin sekolah sampe dia gak nangis lagi dan ditanyain orang-orang, “Ms.Eka, K kenapa?” dan cuma bisa jawab “K gak apa-apa, K cuma mau jalan-jalan aja hehe.”
Saat dia gak nyaman dengan keadaan sekitarnya, dia akan bertingkah dan tantrum. Polanya begitu terus sejauh gue observasi dan tangani dia sampe akhirnya mencoba paham harus gimana cara menangani dia. Udah pernah ngerasain kok yang namanya dicakar K, terus kerudung gue ditarik-tarik saat dia tantrum, nyakar, dan kalo nangis tuh lama. Gak tau kenapa, rasanya hal itu semua pelampiasan cemas yang dia rasain kali yah. Kalo dia lagi kayak begitu, rasanya mau nangis juga. Cuma bisa peluk dan nyoba nenangin dia. Gue pikir hal-hal yang kayak gitu mungkin yang bikin dia juga bingung tentang gimana caranya nyampein sesuatu, kayak teman-teman lainnya.
"It's okay dear, I'm here. Keep it calm."
Oh iya, selain itu juga di kelas ada anak yang bener-bener pure tuluuus banget dan sabar ngadepin K, namanya Haikal. Seakan-akan Haikal paham betul gimana keadaan temannya. Kalo K udah terlihat badmood, gue selalu minta tolong Haikal buat bantu ajak K main. Biasanya Haikal selalu pegang tangannya K, terus ngajak ke depan kelas atau kita bertiga sekedar duduk-duduk aja sambil baca buku. Seenggaknya K tetap tenang dan duduk dengan baik. Kalo ngeliat mereka berdua udah pegangan tangan gitu tuh gue suka terharu, mau nangis di depan mereka, ya tapi mon maap ya malu. Masa gurunya nangis depan murid hahahaha.
"Sehat terus ya, Haikal. Semoga sampai dewasa nanti kamu tetap jadi anak yang baik hati dan peka terhadap sekitar, sekalipun temanmu itu adalah teman yang spesial."
Mau cerita lagi, ah
tapi masih banyak ceritanya selama sebulan itu. Pokoknya kangen, kadar rindunya
99% deh kayaknya hahaha. Btw, gue bersyukur banget punya kesempatan emas kayak gini karena bisa terjun langsung nanganin ABK secara langsung dan emang wow banget sih kalo dibandingin sekedar baca teori-teorinya selama kuliah. Tentunya gue salut sama para orang tua ABK, mereka adalah orang-orang yang juga spesial karena punya tingkat kesabaran yang puooool abis. Juara!!!
Bye, sampai jumpa di cerita selanjutnya. See ya!
Komentar
Posting Komentar