Langsung ke konten utama

Angin Segar Dikala Malam



Hallo guys, udah lama juga ya gue gak ngepost. Setelah tugas-tugas kuliah gue kelar terus sekarang bingung gitu mau ngerjain apa ya yang enak. Btw, malem-malem gini gak bisa tidur padahal udah jam 00.30 WIB. Gue rasa jam biologis gue berbalik gara-gara sering begadang dan begadang terparah adalah saat gue ngerjain laporan penelitian buat ke lab. Asli. Kayaknya itu begadang terparah, karena gue baru bisa tidur tuh jam 03.30 WIB. Tapi, yang penting udah selesai laporannya dan sekarang lagi mempersiapkan diri buat UAS. Even gue belom nyiapin apa-apa sebenernya, belom ada mood buat belajar atau ngerjain soal-soal dari dosen. Nanti, insyaAllah gue akan belajar deh, do’ain aja hahaha.
            Oh iya guys, pernah gak sih lo mikir bahwa “Kok hidup gue gini-gini aja sih?”. Mikir buat ngelakuin sesuatu tuh udah ada, bahkan gue udah punya planning suatu saat gue mau punya ini-itu. Tapi, di satu sisi tanpa gue ngelakuin sesuatu juga akan nihil tanpa usaha. Ya gue rasa gue masih kurang sama yang namanya motivasi. Dan kayaknya sih motivasi dari diri gue sendiri hmmmmm. Saat gue udah mau gerak, ada aja hal yang gue takutin. Katanya sih mental block. Nah mental block itu rasanya selalu ngalangin gue buat jalan. Parah emang, ngalangin mulu. Salah gue juga sih, harusnya gue bisa ngelawan mental block itu sendiri, but it sooooo hard. Sebenernya gue udah sering ngobrolin hal-hal kayak gini ke salah satu sahabat gue di kampus, namanya Zet, dan dia udah sering banget ngedorong gue buat ikutan hal inilah-itulah. Tapi guenya tuh sering banget mager hahaha. Sampe pada suatu saat gue diajakin jadi volunteer acaranya anak BEM. Mau, tapi males. Nah kelakuan gue suka begitu tuh, benci gue. Gue bilang kalo gue mau nyoba, tapi males ah. Dan dia sering banget nyeramahin gue buat nyoba hal apapun yang positiflah pokoknya. Terus dia nekad, ternyata dia udah nyantumin nama gue buat ikutan jadi volunteer. Terus gak lama kemudian nama gue nyantol di grup WA itu. Kaget, kesel, tapi yaudah lah. Aku biso opo. Akhirnya gue dateng buat ngomongin tugas apa aja yang harus gue kerjain. Ya lumayan juga hasilnya kalo dipikir-pikir, efek dipaksa hahaha.
            Terus beberapa minggu yang lalu, gue sempet ngobrol sama Zet via telpon buat  “nyeriusin” project psikologi yang udah kita omongin di kampus bareng beberapa temen kita. Asli. Gue seneng banget. Karena gue rasa udah saatnya gue ngerasain hal-hal baru, apalagi berkaitan sama ilmu yang lagi gue pelajarin. Jujur ya, belajar cuma dari buku dan mempelajari banyak teori itu membosankan. Jadi, harus ada hal-hal baru gimana caranya supaya ilmu itu gampang diserap. Kita telponan hampir dua jam lamanya buat ngomongin beberapa materi yang enak dibahas. Terus masalah view yang enak dan lain-lain deh pokoknya. Gue seneng banget, gue ngerasa punya temen buat ngelakuin hal yang sama bareng-bareng dan ini di jalur yang positif tentunya. Gue kayak membuak jalan selangkah lebih maju buat diri gue sendiri, ya mungkin orang lain udah main lari-larian dan gue baru bisa belajar jalan. Tapi, gue gak peduli selama gue mau nyoba dan sesuai dengan apa yang kita mau. Di tahun ini, gue harap gue akan semkain produktif ke depannya. Meskipun mau maju itu gak harus nunggu waktu yang pas apakah harus di tahun ini, besok atau kapanlah. Semua tumbuh dan berawal dari diri individu masing-masing mau bagaimanakah hidupnya, meskipun Allah udah ngatur semuanya. Tapi, manusia harus dan wajib berusaha. Gue harap gue bakal nemu komunitas yang sesuai dengan harapan gue hehehe. Pokoknya nanti tunggu aja yah projectnya dan bantu do’a supaya bermanfaat, bukan cuma buat gue. Tapi, bermanfaat untuk orang lain juga. Sebagaimana hadist berkata “Sebaik-baik manusia adalah mereka yang bermanfaat bagi orang lain.”

            Yaudah, udah malem. See you, guys! Semoga gue cepet dapet pencerahan buat lanjut nulis lagi next. Semoga generasi muda akan semakin produktif dengan hal-hal yang positif dan makin kritis *remind for myself sih hehe. Bye.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semester Awal 2020

Hari ini adalah hari terakhir di bulan Juni – tepatnya semester awal di tahun 2020, bye June! See you later ya.. Terima kasih untuk segala hal yang pernah singgah sampai usia yang ke 24 ini. Ternyata semakin dewasa itu semakin kompleks ya isi pikirannya. Hmmm, mungkin ngelewatin masa dewasa awal ini emang bener-bener gak mudah – kasarnya lagi “berantem” sama ego sendiri. Tanggal 16 kemarin, banyak ucapan do’a dan segala harap yang berdatangan, terima kasih ya! Meskipun sebenernya ulang tahun yang ke-24 kemarin itu cuma mau ngerasa cukup dan jadi pribadi yang lebih baik lagi tentunya, untuk hal-hal lain gue yakiiiin banget Allah bakalan terus ada buat gue selama gue bisa lebih baik. Iya, gue mau hubungan gue sama Yang Maha Kuasa jauh lebih baik – karena ketika umatnya dekat, Sang Khalik akan datang untuk merangkul. Gak tau kenapa, merasa di pertambahan usia ini adalah moment yang paling membuat gue suka cita dan haru rasanya. Cailah, gue kenapa sih?! Apa ya, gue ngerasa lebi

Pesta Kemerdekaan di Garut

Aloha, kawan-kawan semuanya. Apa kabar? Btw, selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia yg ke-72 tahun. Oh iya kebetulan hari ini gue sengaja ke Garut di samping mau nge- refresh otak, gue juga mau ikut ngerayain pesta kemerdekaan di desa yang katanya seru dan rame banget. Gue berangkat dari rumah sekitar jam 7 malem, gue ke pool bus dulu jurusan Jakarta-Garut. Sampe pool gue sakit perut luar biasaaa dan akhirnya mampir toilet dulu, sampe dipanggilin kenek busnya karena udah mau jalan wkwkwk. Setelah selesai, gue buru-buru naik dan busnya berangkat sekitar setengah 10an. Alhamdulillah, sampe di rumah embah jam 4an dengan selamat dan kedinginan fyuh. Abis itu makan mie instan subuh-subuh sambil nunggu adzan subuh. Gue cuma tidur sebentar dan bangun gara-gara kaget sepupu gue yang kecil, dia teriak-teriak karena sepanjang jalan udah rame banget sama yang mau pawai. Yap! Gue buru-buru bangun, wudhu, cuci muka+sikat gigi, sholat subuh. Abis itu rapi-rapi buat ikutan pawai. Gokil! R

Obrolan Pengungkapan Diri (Self Disclosure)

Hallo teman-teman, akhirnya gue nyoba buat ngeblog lagi setelah berbulan-bulan lamanya vakum untuk menyelesaikan apa yang harus gue selesaikan hehe. Apa ya, asli sih seneng! Meskipun ada aja masalah yang harus dihadapin yang bikin mental gue rasanya naik turun banget. Setelah berbulan-bulan harus fokus buat nulis skripsi dan ditambah bekerja, ada senang dan sedihnya juga. Kenapa? Sedih karena harus berbulan-bulan fokus ngerjain skripsi, tapi alhamdulillah di samping ngerasain stres dan bikin down , gue punya obat yang bikin stres gue ilang. Mau tau gak obatnya apa? Obatnya adalah ketemu anak-anak murid gue yang masih TK tiap hari, masyaAllah ampuh banget. Karena ngeliat mereka main, ketawa-tawa, cekcoknya anak kecil tuh lucu, sampe lupa gitu loh bahwa gue ada hal lain yang kayaknya menjadi beban: skripsi. Oke cerita tentang jadi guru TK, insyaAllah nanti mau gue share juga hehe. Gue mulai “bangun” buat nulis lagi karena gue ngerasa butuh, lebih tepatnya diri gue yang butuh.