Langsung ke konten utama

Semester Awal 2020


Hari ini adalah hari terakhir di bulan Juni – tepatnya semester awal di tahun 2020, bye June! See you later ya..

Terima kasih untuk segala hal yang pernah singgah sampai usia yang ke 24 ini. Ternyata semakin dewasa itu semakin kompleks ya isi pikirannya. Hmmm, mungkin ngelewatin masa dewasa awal ini emang bener-bener gak mudah – kasarnya lagi “berantem” sama ego sendiri. Tanggal 16 kemarin, banyak ucapan do’a dan segala harap yang berdatangan, terima kasih ya! Meskipun sebenernya ulang tahun yang ke-24 kemarin itu cuma mau ngerasa cukup dan jadi pribadi yang lebih baik lagi tentunya, untuk hal-hal lain gue yakiiiin banget Allah bakalan terus ada buat gue selama gue bisa lebih baik. Iya, gue mau hubungan gue sama Yang Maha Kuasa jauh lebih baik – karena ketika umatnya dekat, Sang Khalik akan datang untuk merangkul. Gak tau kenapa, merasa di pertambahan usia ini adalah moment yang paling membuat gue suka cita dan haru rasanya.

Cailah, gue kenapa sih?!
Apa ya, gue ngerasa lebih bersyukur aja sih karena masih dikasih sehat, masih bisa ngelancong, dan beberapa hal tercapai (salah satunya pernah jadi guru TK, eh tapi ini bakal dibahas di lain waktu deh). Iya, gue bersyukur banget, Alhamdulillah. Allah sebaik itu sama gue, padahal aku mah apa – cuma umatnya yang datang mungkin ketika butuh aja. Tapi, Allah kayak ngasih kemudahan atau kalo pun gak mudah tuh kayak ada aja hal lain yang harus gue lewatin. Entah mungkin tujuannya supaya bikin gue jadi pribadi yang lebih kuat kali yaa.

Merasa selama menuju usia 24 ini luar biasa, karena bener-bener ngerasain gimana rasanya ambil keputusan saat ada di zona nyaman – harus resign ngajar TK karena sesuatu hal. Bahkan ngerasain ada di titik terendah. Rasanya kacau sore itu, ketika lagi enak-enak kerja terus dipanggil ke ruang atasan dan ternyata jadi salah satu karyawan yang kena cut off per-akhir Januari. Keluar ruangan, gue gak tau harus gimana nyampein ini ke orang-orang terdekat gue. Gue langsung ke toilet buat nenangin diri, tapi gue gak bisa nangis saat itu. Setelah jam kerja selesai, gue pulang jalan kaki menuju stasiun bareng Nada (temen yang baru beberapa bulan gue kenal, tapi kayak temanan dari bayi). Terus Nada malah anggep gue lagi bercanda dan setelah gue yakinin kalo gue lagi serius, dia mau nangis. Haduh. Setelah sampai di rumah, sebetulnya gak mau bilang ke orang tua. Tapi gue paling gak bisa nyembunyiin sesuatu di hadapan ibu, akhirnya abis sholat dan masih pake mukena, gue nangis sejadi-jadinya padahal baru ngomong, “Ibu..”

Terus gue ceitain semuanya, tau gak reaksi ibu apa? Ibu cuma senyum, nenangin, sambil bilang gini, “Gak apa-apa atuh Neng, itu artinya kamu diminta sabar, berusaha lagi. Kamu nanti bakal naik kelas, Neng. Ayah sama Ibu masih bisa menuhin kebutuhan kamu.” Gue nangis karena gue harus meninggalkan lingkungan yang bikin gue nyaman. Semua hal yang membuat gue nyaman akan menghasilkan sesuatu yang produktif dan itu sehat menurut gue. Tapi sayang, harus ditinggalin.

Setelah keputusan itu disampaikan, hampir setiap hari gue bangun tidur dengan keadaan asam lambung gue kambuh, migrain gue sering kambuh, mencoba makan teratur tapi tetep kambuh sampai seling beberapa jam. Gak heran, karena psikologis gue sedang kacau dan rasa sakit itu jadi buah kekacauan yang jadi sering muncul.

Berhari-hari gue lewatin setelah gue udah gak kerja disana lagi, sebisa mungkin gue gak membiarkan pikiran dan kegiatan gue kosong – yang paling awal gue coba benerin adalah cara berpikir gue. Gue sadar, ketika hal pait kayak gini udah diputusin, sisanya tinggalah berserah. Saat itu, Allah adalah satu-satunya pegangan gue. Gue gak berdaya tanpa pertolongan-Nya. Gue “ngabisin” kesedihan dan mencoba me-manage emosi dan pikiran gue, gue biarin semuanya lewat dulu sampe capek. Biar ke depannya plong, karena emosi yang negatif pun butuh disalurkan dan diselesaikan, bukan dihindari. Gue coba cerita ke beberapa teman terdekat, setidaknya bikin diri gue tenang lewat bercerita. Emang betul sih, teman-teman itu salah satu rezeki dari Allah. Thank God, I have them in my life *sending my big love*

Kurang lebih sebulan diam di rumah, bukan karena belum coba mencari pekerjaan lagi. Gue merasa ada banyak hal yang harus gue selesaikan dan akhirnya memilih stay di rumah buat sementara. Bersealang beberapa hari, ibu ngajak kontrol ke dokter dan ternyata harus dirujuk ke rumah sakit. Iya, ada masalah di mata ibu – meskipun selama ini ibu gak pernah ngerasa sakit. Gue sedih pas tau ibu harus ngejalanin operasi mata, tapi di samping rasa sedih itu gue merasa bersyukur karena gue masih bisa nemenin ibu.

“Oh jadi, ini jawaban Allah ya, Bu.”
Kalo ternyata ini jawabannya, gue malah merasa bersyukur karena bisa nemenin ibu bolak-balik rumah sakit dan cuma berdua doang. Meskpiun gue bener-bener mendem rasa takut, apalagi saat hari H ibu di operasi. Kayak jadi orang munafik yang sok berani, sepanjang ibu operasi gue cuma bisa berdzikir dan berdo’a. Bolak-balik kontrol sampai kondisi mata ibu lebih baik, alhamdulillah masih bisa temenin ibu.

Setelah itu, berencana untuk pergi ke Bandung sama dua teman gue. Udah booking tempat, bikin itinerary, dan ternyata kita gak jadi berangkat. Karena apa? Karena keburu ada pandemik! Buyar, mau refreshing malah gagal. Pandemik mengubah segalanya pokoknya.

Well, teman-teman yang mungkin pernah ada di titik terendah dan semakin kompleks permasalahannya dalam hidup kalian. Gue rasa itu wajar, mungkin itu sebagai tanda bahwa kita mengalami perkembangan – artinya kita gak cuma diam di tempat. TAPI, kalo sejauh kalian belum mengalami perubahan atas usaha yang udah kalian lakukan, kalian bisa datang ke layanan professional seperti Psikolog mungkin. Intinya, jangan takut seeking for help ya! Karena yang paling tahu jalan keluarnya adalah diri kalian sendiri. Pasti bisa, pasti ada jalan keluarnya sejauh kita perlahan-lahan bangkit. Kamu gak akan sendiri ketika kamu dihadapi suatu masalah, banyak cara dan ada support system yang bikin kamu kembali menjiwai hidupmu. Semangat terus ya, pasti bisa kok. Jangan malu bercerita ke orang terdekat yaa saat suasana hati kalian lagi gak baik!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Kemerdekaan di Garut

Aloha, kawan-kawan semuanya. Apa kabar? Btw, selamat merayakan hari kemerdekaan Indonesia yg ke-72 tahun. Oh iya kebetulan hari ini gue sengaja ke Garut di samping mau nge- refresh otak, gue juga mau ikut ngerayain pesta kemerdekaan di desa yang katanya seru dan rame banget. Gue berangkat dari rumah sekitar jam 7 malem, gue ke pool bus dulu jurusan Jakarta-Garut. Sampe pool gue sakit perut luar biasaaa dan akhirnya mampir toilet dulu, sampe dipanggilin kenek busnya karena udah mau jalan wkwkwk. Setelah selesai, gue buru-buru naik dan busnya berangkat sekitar setengah 10an. Alhamdulillah, sampe di rumah embah jam 4an dengan selamat dan kedinginan fyuh. Abis itu makan mie instan subuh-subuh sambil nunggu adzan subuh. Gue cuma tidur sebentar dan bangun gara-gara kaget sepupu gue yang kecil, dia teriak-teriak karena sepanjang jalan udah rame banget sama yang mau pawai. Yap! Gue buru-buru bangun, wudhu, cuci muka+sikat gigi, sholat subuh. Abis itu rapi-rapi buat ikutan pawai. Gokil! R

Obrolan Pengungkapan Diri (Self Disclosure)

Hallo teman-teman, akhirnya gue nyoba buat ngeblog lagi setelah berbulan-bulan lamanya vakum untuk menyelesaikan apa yang harus gue selesaikan hehe. Apa ya, asli sih seneng! Meskipun ada aja masalah yang harus dihadapin yang bikin mental gue rasanya naik turun banget. Setelah berbulan-bulan harus fokus buat nulis skripsi dan ditambah bekerja, ada senang dan sedihnya juga. Kenapa? Sedih karena harus berbulan-bulan fokus ngerjain skripsi, tapi alhamdulillah di samping ngerasain stres dan bikin down , gue punya obat yang bikin stres gue ilang. Mau tau gak obatnya apa? Obatnya adalah ketemu anak-anak murid gue yang masih TK tiap hari, masyaAllah ampuh banget. Karena ngeliat mereka main, ketawa-tawa, cekcoknya anak kecil tuh lucu, sampe lupa gitu loh bahwa gue ada hal lain yang kayaknya menjadi beban: skripsi. Oke cerita tentang jadi guru TK, insyaAllah nanti mau gue share juga hehe. Gue mulai “bangun” buat nulis lagi karena gue ngerasa butuh, lebih tepatnya diri gue yang butuh.